Sudah Lama Kosong, Warga Berharap Adanya Pelayanan Kesehatan di Pustu Andaleh

Jumat, 23-04-2021 | 16:02 WIB | Berita Kesehatan
Sudah Lama Kosong, Warga Berharap Adanya Pelayanan Kesehatan di Pustu AndalehPuskesmas Pembantu Andaleh yang terlihat tidak ada aktivitas (ist)

PortalSumbar.com - Batusangkar, Karang taruna Putra Sago Jorong Andaleh bersama masyarakat, meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar untuk menyediakan bidan desa di Puskesmas Pembantu (Pustu) Jorong Andaleh.

Pasalnya, semenjak 6 bulan terkahir ini, petugas kesehatan yang ditempatkan di Pustu Jorong tersebut sudah tidak ada lagi alias kosong.

"Bidan desa yang bertugas di Jorong Andaleh sudah pensiun semenjak 6 bulan yang lalu, jadi sekarang ini di Jorong kami tidak ada petugas kesehatan yang mengisi Pustu tersebut," kata Ketua Karang taruna, Angga, pada kamis (22/4).

Akibatnya, tambah Angga, tidak sedikit pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang akan berobat menjadi terhambat.

"Karena pelayanan dari bidan tidak ada, akhirnya masyarakat berobat ke tempat lain, yang terkadang jaraknya cukup jauh dari rumah masyarakat", ujar angga.

Lebih lanjut, Angga menyampaikan, dampaknya akan banyak terutama ibu-ibu yang akan melahirkan.

"Persalinan yang tiba-tiba terjadi tengah malam, masyarakat akan kewalahan untuk mencari bidan, sementara proses persalinan tersebut sangat mengancam nyawa seseorang", ungkapnya.

Menanggapi permintaan ini, Ketua Karang taruna bersama masyarakat, sudah melakukan audiensi ke pemerintah Nagari, dan pemerintah Nagari sudah mensurati Dinas terkait.

Sampai saat sekarang ini, masyarakat masih menunggu tanggapan dari dinas kesehatan Kabupaten Tanah Datar atas surat yang sudah dikirimkan tersebut.

Masyarakat berharap, dalam waktu dekat dinas kesehatan sudah menginstruksikan petugas kesehatan untuk menggantikan bidan yang lama di pustu jorong andaleh. Apalagi sekarang ini masih pandemi Covid-19, tentu masyarakat khawatir dengan keamanan kesehatannya, jika terjadi sesuatu yang akan mengancam nyawa masyarakat, kemana masyarakat akan mengadu.(IL)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Berita Kesehatan lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya